RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas
/ Semester : X / 2
Mata
Pelajaran : KIMIA
Polar
Alokasi
Waktu : 45 x 3 jp
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora, dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
KD
1 dari KI 1:
1.1 Menyadari adanya keteraturan
struktur pertikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
·
Mengagungkan
kebesaran Tuhan YME.
·
Menyadari
bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik untuk kita.
KD 2 dari KI 2:
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
(KD 2.1 pada KI 2)
2.2
Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam. (KD 2.2 pada KI 2)
2.3 Menunjukkan perilaku responsif, dan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan
membuat keputusan. (KD 2.3 pada KI 2)
Indikator:
·
Menunjukan sikap positip (individu dan
sosial) dalam diskusi kelompok.
·
Menunjukkan perilaku dan sikap menerima,
menghargai, dan melaksanakan kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung
jawab.
·
Menunjukkan
perilaku responsif, dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan.
KD 3 dari KI 3:
3.5
Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen
koordinasi dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul)
materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi. (KD 3.5 pada KI 3)
3.6 Menganalisis kepolaran senyawa. (KD
3.6 pada KI 3)
Indikator:
·
Menjelaskan
proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa.
·
Menyebutkan
contoh senyawa yang berikatan kovalen koordinasi dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menjelaskan
sifat-sifat senyawa kovalen polar dan non polar.
·
Menjelaskan mengapa ada senyawa yang
titik lelehnya rendah dan ada yang titik lelehnya tinggi?
·
Menunjukkan
PEB dan PEI dalam iakatn suatu senyawa.
·
Menjelaskan
hubungan kepolaran dengan beberapa senyawa dengan keelektronegatifan.
KD 4 dari KI 4:
4.5 Mengolah dan menganalisis
perbandingan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen
koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion,
molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi. (KD 4.5 pada KI 4)
4.6 Merancang, melakukan, dan
menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan kepolaran senyawa. (KD 4.6 pada
KI 4)
Indikator:
·
Menggambarkan elektron valensi suatu
unsur menggunakan struktur lewis.
·
Menggambarkan
proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi.
·
Menghitung
PEB dan PEI suatu molekul.
·
Merancang
percobaan kepolaran beberapa senyawa.
·
Melakukan
percobaan kepolaran beberapa senyawa.
·
Menyimpulkan
hasil percobaan tentang kepolaran senyawa.
·
Mempresentasikan
hasil percobaan kepolaran beberapa senyawa dengan menggunakan bahasa yang
benar.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menyadari adanya ikatan
kimia pada suatu senyawa sebagai wujud kebesaran Tuhan YME.
2.
Siswa dapat menunjukan sikap positip
(individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
3.
Siswa dapat menunjukkan perilaku dan
sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, ketelitian, disiplin
dan tanggung jawab.
4.
Siswa dapat memahami ikatan kovalen
koordinasi.
5.
Siswa dapat menjelaskan proses
terbentuknya ikatan kovalen koordinasi.
6.
Siswa dapat menyebutkan contoh senyawa yang
berikatan kovalen koordinasi dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Siswa
dapat menjelaskan sifat-sifat senyawa kovalen polar dan non polar.
8.
Siswa
dapat menjelaskan hubungan kepolaran dengan beberapa senyawa dengan
keelektronegatifan.
9.
Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat
senyawa kovalen polar – non polar melalui
percobaan.
10.
Siswa dapat mengelompokkan suatu senyawa
kedalam senyawa kovalen polar maupun non polar.
11.
Siswa dapat menjelaskan penyebab senyawa
bersifat polar dan non polar.
12.
Siswa dapat merancang percobaan untuk
mengetahui kepolaran beberapa senyawa.
13.
Siswa dapat melakukan percobaan tentang
kepolaran beberapa senyawa.
14.
Siswa dapat mengamati dan mencatat data
hasil percobaan kepolaran beberapa senyawa.
15.
Siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan
yang dilakukan.
16.
Siswa dapat menganalisis data hasil
percobaan yang telah dilakukan.
17.
Siswa dapat mempresentasikan hasil
percobaan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
D. Materi Pembelajaran (nyari materi yang
lengkap)
·
Senyawa kovalen polar dan non polar.
·
Ikatan kovalen koordinasi.
·
Percobaan kepolaran beberapa senyawa.
E.
Metode
Pembelajaran
1. Eksperimen
2. Diskusi
Kelompok
3. inquiry
F.
Media
dan Sumber Belajar
·
LCD projector
·
Internet
·
Lembar Kerja Siswa
·
Buku-buku Kimia SMA Kelas X
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1. Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2. Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru
mengajukan pertanyaan tentang larutan garam dapur dan larutan asam klorida
3. Guru memberikan motivasi kepada siswa
4. Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
5. Guru
menagih secara lisan tugas membaca tetang materi yang akan diajarkan
|
15
menit
|
B. Inti
|
MENGAMATI
1.
Mengamati
struktur Lewis beberapa unsure
2.
Membaca tabel titik leleh beberapa senyawa ion dan
senyawa kovalen
MENANYA
1. Bagaimana
hubungan antara susunan elektron valensi dengan struktur Lewis?
2. Dari
tabel titik leleh muncul pertanyaan, mengapa ada senyawa yang titik lelehnya
rendah dan ada yang titik lelehnya tinggi?
MENGUMPULKAN
INFORMASI
1. Menganalisis
pembentukan ikatan kovalen koordinasi.
2. Menganalisis
beberapa contoh senyawa kovalen koordinasi dalam kehidupan sehari-hari.
3. Merancang
percobaan kepolaran senyawa serta mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan
persepsi.
4. Melakukan
percobaan terkait kepolaran beberapa senyawa.
5. Mengamati
dan mencatat hasil percobaan kepolaran senyawa.
6. Menganalisis
dan menyimpulkan hasil percobaan dikaitkan dengan data keelektronegatifan.
MENGASOSIASI
1. Menganalisis
konfigurasi elektron dan struktur Lewis dalam proses pembentukan ikatan
kimia.
MENGOMUNIKASIKAN
1. Menyajikan
hasil analisis pembentukan ikatan kovalen koordinasi.
2. Menyimpulkan
hasil percobaan tentang kepolaran senyawa dan mempresentasikan dengan
menggunakan bahasa yang benar.
|
90
menit
|
C.Penutup
|
1. Guru
bersama siswa membuat kesimpulan
tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit
2. Guru
meminta siswa mencatat soal penugasan mengenai senyawa kovalen ikatan
koordinasi dan senyawa kovalen polar-non polar
3. Guru
memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya
|
30
menit
|
H.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
No
|
Aspek
|
Mekanisme
dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi Kerja Kelompok
|
- Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Penugasan
-
Tes Tertulis
|
-
Soal Penugasan
-
Soal Objektif
|
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja Presentasi
-
Laporan Praktik
|
-
Kinerja Presentasi
-
Rubrik Penilaian
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar