Jumat, 10 Januari 2014

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMA
Kelas / Semester        : X / 2
Mata Pelajaran          : KIMIA
Tema                          : Ikatan Kovalen Koordinasi dan Senyawa Kovalen Polar dan Non
                                      Polar
Alokasi Waktu           : 45 x 3 jp

A.    Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan  metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
KD 1 dari KI 1:
1.1  Menyadari adanya keteraturan struktur pertikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
·         Mengagungkan kebesaran Tuhan YME.
·         Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik untuk kita.
KD 2 dari KI 2:
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari. (KD 2.1 pada KI 2)
2.2     Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam. (KD 2.2 pada KI 2)
2.3  Menunjukkan perilaku responsif, dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan. (KD 2.3 pada KI 2)
Indikator:
·         Menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok.
·         Menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab.
·         Menunjukkan perilaku responsif, dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
KD 3 dari KI 3:
3.5 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi. (KD 3.5 pada KI 3)
3.6  Menganalisis kepolaran senyawa. (KD 3.6 pada KI 3)
Indikator:
·         Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa.
·         Menyebutkan contoh senyawa yang berikatan kovalen koordinasi dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menjelaskan sifat-sifat senyawa kovalen polar dan non polar.
·         Menjelaskan mengapa ada senyawa yang titik lelehnya rendah dan ada yang titik lelehnya tinggi?
·         Menunjukkan PEB dan PEI dalam iakatn suatu senyawa.
·         Menjelaskan hubungan kepolaran dengan beberapa senyawa dengan keelektronegatifan.
KD 4 dari KI 4:
4.5  Mengolah dan menganalisis perbandingan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi. (KD 4.5 pada KI 4)
4.6  Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan kepolaran senyawa. (KD 4.6 pada KI 4)
Indikator:
·                                 Menggambarkan elektron valensi suatu unsur menggunakan struktur lewis.
·         Menggambarkan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi.
·         Menghitung PEB dan PEI suatu molekul.
·         Merancang percobaan kepolaran beberapa senyawa.
·         Melakukan percobaan kepolaran beberapa senyawa.
·         Menyimpulkan hasil percobaan tentang kepolaran senyawa.
·         Mempresentasikan hasil percobaan kepolaran beberapa senyawa dengan menggunakan bahasa yang benar.
C.      Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menyadari adanya ikatan kimia pada suatu senyawa sebagai wujud kebesaran Tuhan YME.
2.         Siswa dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
3.         Siswa dapat menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab.
4.         Siswa dapat memahami ikatan kovalen koordinasi.
5.         Siswa dapat menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi.
6.         Siswa dapat menyebutkan contoh senyawa yang berikatan kovalen koordinasi dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat senyawa kovalen polar dan non polar.
8.      Siswa dapat menjelaskan hubungan kepolaran dengan beberapa senyawa dengan keelektronegatifan.
9.         Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat senyawa kovalen polar – non polar melalui  percobaan.
10.     Siswa dapat mengelompokkan suatu senyawa kedalam senyawa kovalen polar maupun non polar.
11.     Siswa dapat menjelaskan penyebab senyawa bersifat polar dan non polar.
12.     Siswa dapat merancang percobaan untuk mengetahui kepolaran beberapa senyawa.
13.     Siswa dapat melakukan percobaan tentang kepolaran beberapa senyawa.
14.     Siswa dapat mengamati dan mencatat data hasil percobaan kepolaran beberapa senyawa.
15.     Siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan yang dilakukan.
16.     Siswa dapat menganalisis data hasil percobaan yang telah dilakukan.
17.     Siswa dapat mempresentasikan hasil percobaan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
D.     Materi Pembelajaran (nyari materi yang lengkap)
·         Senyawa kovalen polar dan non polar.
·         Ikatan kovalen koordinasi.
·         Percobaan kepolaran beberapa senyawa.
E.     Metode Pembelajaran
1.      Eksperimen
2.      Diskusi Kelompok
3.      inquiry
F.     Media dan Sumber Belajar
·         LCD projector
·         Internet
·         Lembar Kerja Siswa
·         Buku-buku Kimia SMA Kelas X
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.     Pendahuluan
1.     Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2.  Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang larutan garam dapur dan larutan asam klorida
3.  Guru  memberikan motivasi kepada siswa
4.  Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.  Guru menagih secara lisan tugas membaca tetang materi yang akan diajarkan

15 menit
B.  Inti
MENGAMATI
1.    Mengamati struktur Lewis beberapa unsure
2.    Membaca  tabel titik leleh beberapa senyawa ion dan senyawa kovalen

MENANYA
1.   Bagaimana hubungan antara susunan elektron valensi dengan struktur Lewis?
2.   Dari tabel titik leleh muncul pertanyaan, mengapa ada senyawa yang titik lelehnya rendah dan ada yang titik lelehnya tinggi?

MENGUMPULKAN INFORMASI
1.   Menganalisis pembentukan ikatan kovalen koordinasi.
2.   Menganalisis beberapa contoh senyawa kovalen koordinasi dalam kehidupan sehari-hari.
3.   Merancang percobaan kepolaran senyawa serta mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
4.   Melakukan percobaan terkait kepolaran beberapa senyawa.
5.   Mengamati dan mencatat hasil percobaan kepolaran senyawa.
6.   Menganalisis dan menyimpulkan hasil percobaan dikaitkan dengan data keelektronegatifan.

MENGASOSIASI
1.   Menganalisis konfigurasi elektron dan struktur Lewis dalam proses pembentukan ikatan kimia.

MENGOMUNIKASIKAN
1.   Menyajikan hasil analisis pembentukan ikatan kovalen koordinasi.
2.   Menyimpulkan hasil percobaan tentang kepolaran senyawa dan mempresentasikan dengan menggunakan bahasa yang benar.
90 menit





















C.Penutup
1. Guru bersama siswa membuat  kesimpulan tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit
2. Guru meminta siswa mencatat soal penugasan mengenai senyawa kovalen ikatan koordinasi dan senyawa kovalen polar-non polar
3. Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya

30 menit

H.    Penilaian Hasil Pembelajaran
No
Aspek
Mekanisme dan Prosedur
Instrumen
Keterangan
1.
Sikap
-          Observasi Kerja Kelompok
- Lembar Observasi

2.
Pengetahuan
-          Penugasan
-          Tes Tertulis
-          Soal Penugasan
-          Soal Objektif

3.
Ketrampilan
-          Kinerja Presentasi
-          Laporan Praktik
-          Kinerja Presentasi
-          Rubrik Penilaian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar